Tuesday, January 8, 2013

Hidup itu nang kene, koyo ngene lan ngene

0 comments
Hidup itu nang kene, koyo ngene lan ngene
Menerima kenyataan hidup bukanlah perkara yang mudah dan segampang membalikan telapak tangan. Artinya menerima berarti harus ikhlas serta rela menyikapi segala hal yang erat kaitanya dengan kehidupan kita. Artinya dengan mampu seperti itu kita akan terbiasa mampu melewati setiap apa yang di sebut sebagai kesulitan. Karena memang ketika kita benar-benar ikhlas dan rela mengarungi kehidupan ini di situ akan tumbuh yang namanya kesadaran. Tentunya kesadaran inilah yang akan membawa kita kepada kehidupan yang lebih baik lagi. Disini ikhlas dan rela menjalani kehidupan tidak serta merta diartikan tidak ada tindakan atau usaha menyikapi segala hal baik masalah ataupun yang lainnya di kehidupan kita.
Iya menerima kenyataan hidup bukan berarti terima dengan keadaan yang ada  tanpa mau memperbaiki. Di konteks ini menerima itu menyadari dengan tulus keberadaan hidup kita yakni bahwa hidup itu Nang kene, koyo ngene lan ngene atau disini, sperti ini dan begini. Dengan memahami seperti itu secara tidak sadar kita akan menanamkan prinsip hidup tidak iri, semangat, dan lain sebagainya.
Dalam artian ketika kita telah mencoba menjalani kehidupan ini dengan berprinsip seperti itu artinya apa yang namanya iri kita tekan, karena melihat kenyataan hidup kita. Apa yang namanya sombong juga mampu kita tekan karena memang apa yang patut kita sombongkan? Dan yang ada malah semangat semangat bahwa hari ini ataupu saat ini memang hari kita, saat dimana kita harus memperjuangkan hidup kita. Bukanlah besok atau sekedar meratapi masa lalu yang telah tertinggal jauh dari kehidupan kita.
Kemudian koyo ngene atau seperti ini, spertiini akan melihat atau meniliki pada keadaan kita. Keadaan kita memang seperti ini. Artinya kita tahu dan paham kelebihan dan kekurangan kita. Dengan seperti itu kita akan terus menggali kemampuan kita untuk membaikan kehidupan kita. Serta meminimalisir kemunculan kekurangan kita juga untuk membaikan kehidupan kita.
Ngene atau begini, begini di sini artinya menerima, menerima dalam artian kita sudah semangat, sudah tahu kelemahana dan kekurangan kemudian yang terakhir mempasrahkan. Tentu nya hanya kepada Tuhan kita pasrah. Karena memang Tuhanlah tempat kita kembali akan segala permaslahan dan usaha yang kita jalani, biarlah Tuhan yang bermain di situ.

0 comments:

Post a Comment