Monday, January 28, 2013

Laron, kenapa mesti laron?

0 comments
Mahluk kecil Tuhan yang satu ini memiliki berbagai keistimewaan. laron merupakan hewan yang keberadaanya sebenarnya bukanlah hama atau pengganggu tanaman. Laron ini hewan yang unik dan lucu, hewan ini selali mendekati cahaya diamanapun cahaya itu ada. Adanya laron biasanya pada saat musim penghujan tiba. Laron juga memiliki berbagai spesies, namun lupakanlah saat ini kita sedang tidak belajar tentang biologi ataupun ekologi atau sejenisnya. Kita akan mencoba membahas keberadaan laron dalam makna kehidupan kita pastinya. 

Laron menurut pandangan saya merupakan hewan yang memiliki pilihan hidup yang begitu besar. Laron memiliki keberanian untuk memilih jalannya meskipun resiko besar harus ditanggung. Bagi laron mungkin resiko adalah suatu hal yang sewajar ada dalam kehidupannya. Apapun itu resikonya sudah saatnya untuk melawan resiko itu. Laron tiada merasa gentar meskipun keluarnya mereka pasti akan mati dimangsa oleh mahluk lainya. Tapi laron selaludengan gagahnya  keluar dan memberanikan diri bersamaan dengan serangga yang kalau menggit kita saja bisa berdarah tapi laron selalu bangga bisa keluar. 

Itulah gambaran betapa laron itu mahluk kecil yang memiliki keberanian yang luar biasa untuk membuktikan kepada semua mahluk Tuhan bahwa ada mahluk bernama laron.Resjiko kematian yang ada adalah suatu kebanggaan demi suatu hal yang mungkin bagi seekor laron adalah perjuangan memperjuangkan kebenaran. Beberapa hal tadi coba saya komparasikan dengan realitas kehidupan kita saat ini. Sudahkah kita punya keberanian untuk mendobrak sejarah? Mengalahkan segala kenistaan segala kebatilan? Atau sudah kah kita tegas kepada diri sendiri? Sudah kita mampu menentukan pilihan hidup kita? Rencana apa yang hendak kita lakukan untuk hidup di masa yang akan datang? Mari kita renungkan bersama.

Gambaran sederhana dari seekor laron inilah sudah seharusnya kita memetik ilmu yang bermanfaat untuk kita.Laron dengan keberanianya semestinya membuat kita lebih berani lagi untuk bangkit, dengan resiko apapun kita harus tetap menjalani kehidupan ini. Masalah kegagalan itu adalah masa yang belum kita tahu yang menjadi poin pentingnya bukankah keberanian kita untuk melakukan hal yang mungkin sulit. Melakukan hal yang memebrikan kegagalan anda saat ini. Lebih dari itu nikmatilah kehidupan ini dengan berani sperti laron/

Laron itu selalu bergerak menuju cahaya, meskipun kita tahu kadang ada seember berisi air yang siap menerkam mereka. Namun apakan laron mundur? Laron putus asa? Tidak laron selalu bergerak menuju cahaya entah dengan resiko apapun. Mati itu hanyalah sebuat rantai kehidupan. Atau dalam biologi disebut rantai makanan. Menuju cahaya ini saya ibaratkan suatu kebenaran. Suatu kebenaran harus kita perjuangkan entah denga resiko apapun. Cahaya ini bisa diibaratkan juga seperti ilmu, kebenaran yang tentunya akan mampu menerangi jalan kita. 

Bayangkan laron saja bisa dengan keberanian, kita masa tidak punya keberanian? Apakah jangan-janagn kita terlalu egois untuk membaca. Apa kah jangan-jangan kita ini sudah menjadi sok tahu segala hal? Padahal  modal saat ini yang perlu kita miliki adalah bagaimana kita mampu memindset otak dan pikiran kita untuk memiliki keberanian demi yang haq namun dengan cara-cara yang mencerminkan orang yang tahu.

Matinya laron selalu memberikan manfaat bagi yang lainya. Meski ketidak jelasan hukumnya makan laron bagi manusia namun berbagai kalangan ada yang suka mengkonsumsi.  Laron ketika mati bisa di kasihkan ke mahluk laianya. Lah kalau kita mati apa yang hendak dunia lakukan terhadapa terhdap kita? atau jangan-jangan kita ini termasuk orang yang yang memiliki guna rendah? Jangan-jangan kedatangan kita sudah tidak di harapkan lagi? semoga itu tiada pernah terjadi untuk semuanya. Semoga kita mampu menjadi orang yang bermanfaat. Kalaupun susah untuk sosialnya setidaknya kita bermanfaat untuk diri kita sendiri.
 

0 comments:

Post a Comment