Friday, November 23, 2012

Cinta itu tak Butuh Pengorbanan

0 comments
Cinta itu tak Butuh Pengorbanan

Cinta? Bicara mengenai persoalan cinta memang begitu mengasyikan. Apalagi yang nota benenya masih muda dan masih dalam proses mencari dan menemukan cinta. Cinta terkdang membuat seseorang menjadi begitu tegar dan juga bisa membuat manusia begitu tampak goblok. Sorry bahasanya sengaja saya kasarkan biar kelihatan menekan. Dan para pembaca sadar bahwa cinta seharusnya menguatkan dan memberi kebahagiaan.  
Cinta dewasa ini sering dikaitkan dengan yang berhubungan dengan hal intim baik berupa pacaran ataupun hubungan lainya.  Padahal secara hakekatnya cinta memiliki banyak makna dan denganya kita mampu tersenyum dan berkata aku sayang kamu atau sejenisnya. Baik itu untuk keluarga ataupun untuk orang terdekat kita. Namun cinta yang paling tinggi tentu hanya ke Tuhan kita pastinya.
Dari judul diatas mengkin terasa menentang terhadap kepercayaan yang berkembang dimasyarakat bahwa cinta membutuhkan pengorbanan. Padahal jika kita mau menelaah lebih dalam cinta yang tulus tak lagi memerlukan pengorbanan. Kalaupun ada tindakan untuk membahagiakan pasangan atau orang yang kita sayangi semata harusnya dilandasi karena memang cinta yang tulus. Seorang budayawan Sudjiwo Tejo mengatakan bahwasanya ketika cinta membutuhkan pengorbanan maka cinta mu itu sedang mengalami penurunan.
Iya memang benar tak kala melakukan sesuatu untuk orang yang kita sayangi semata karena kita berkorban itu ada unsur ada balasan. Padahal cinta itu ya tulus ya ikhlas ya bertanggung jawab. Berkorban identik dengan balasan yang hendak dicapai setelah melakukan pengorbanan. Contoh gampangnya, aku datang ke sini hujan-hujan semua ini aku lakuakn berkorban demi kamu. Disitu ada harapan tolong hargai pengorbanan ku. Namun jika kita melakukan segala sesuatunya karena memang cinta beda lagi kata-katanya. Aku kesini karena aku cinta sama kamu yak arena memang cinta tujuannya bukan untuk berkorban dan kemudian mendapatkan sesuatu/perhatia/balasan yang sama.
Jadi mulai dari sekarang belajar tentang rasa yang kita rasakan. Kalau melakukan sesutau hal ya sudah lakukan itu karena memang perlu melakukan itu bukan karena terpaksa atau karena mau berkorban dengan embel-embel pingin ada balasanya.

GAMBARAN CINTA
Alla SWT (Tuhan YME)






Orang Tua





Orang yang kita cintai/Pasangan/sahabat/teman dll





Diri kita harus mampu berhubungan dengan Tuhan kita juga dengan sesama atas nama cinta kita dan penuh dengan ketulusan dan keikhlasan.

0 comments:

Post a Comment